BANDARLAMPUNG, FS- Dalam rangka menyongsong pertarungan politik di Pemilu legislatif 2019 mendatang, Partai NasDem Lampung meluncurkan program penerimaan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari partai besutan Surya Paloh tersebut.


Mengkampanyekan politik tanpa mahar, Ketua Bappilu DPW NasDem Lampung Edwin Hanibal menegaskan bahwa seleksi untuk maju dalam pertarungan politik melalui Partai NasDem, tidak akan dipungut biaya apapun.


"Langkah ini merupakan bentuk Partai NasDem dalam mewujudkan sistem demokrasi yang sehat, bersih dan transparan seperti yang diidamkan seluruh masyarakat Indonesia," ujar Edwin, di Kantor DPW NasDem Lampung, Sabtu (1/4) sore.


Program tersebut, menurut Edwin, ditujukan bagi masyarakat umum dan kader partai, dimana proses pendaftaran dimulai tanggal 15 Maret dan berakhir pada 17 April 2017 mendatang.


"Untuk persyaratan umum, kita tekankan minimal tamatan SMA berusia 21 tahun," jelasnya.


Program Bacaleg ini juga, kata Edwin, merupakan satu-satunya jalur masuk bagi kader partai dan masyarakat umum untuk mengikuti pertarungan politik dalam pemilu legislatif 2019 melalui Partai Nasdem dan tidak akan dibuka kembali setelah tanggal 17 April 2017.


Sementara itu, Ketua DPP NasDem Koperwil Lampung Taufik Basari mengatakan pada bulan Mei sampai Desember pihaknya akan menugaskan kepada para pengurus untuk memberi pelatihan berupa pendidikan Bacaleg untuk meningkatkan kapasitas. "Agar setelah jadi nantinya bisa menjadi wakil rakyat yang mumpuni sehingga kualitas sudah tertempa dan lebih mantap," jelasnya.


Tobas juga mengatakan pihaknya tak ingin caleg dari NasDem nantinya memiliki penilaian negatif di tengah masyarakat. Untuk itu, dengan program tersebut pihaknya berharap agar ke depan NasDem memperbaiki wajah politik dan dapat mengembalikan lagi kepercayaan publik dengan mengajak sebanyak mungkin orang-orang yang baik yang berintegritas untuk berbuat. (RF)

Posting Komentar