[caption id="attachment_1188" align="aligncenter" width="500"] Istimewa[/caption]

BANDARLAMPUNG, FS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, telah mendistribusikan soal Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) bagi SMA sederajat, untuk 15 kabupaten/kota.

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar, mengatakan pendistribusian soal diangkut satu persatu dengan mobil truk menuju masing-masing lokasi, dengan dikawal oleh aparat kepolisian.

Total dus yang didistribusikan sebanyak 1289 untuk 42219 siswa,  dan dikawal oleh dua aparat Sabhara Polda Lampung dan dua dari perwakilan Disdikbud Lampung untuk masing-masin armada yang mendistribusikan soal.

"Kita kawal sampai pendistribusian dan ada cadangan dus soal sekitar 10 persen.  Dan jumlahnha 42.219 siswa yang akan mengikuti UN SMA sederajat," kata Sulpakar.

Mantan Pj Walikota Bandarlampung ini pun berharap, agar para guru juga ikut menjaga soal-soal tersebut dengan baik. Sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, bahwa tidak ada toleransi bagi sekolah yang melakukan kecurangan dengan memberikan bocoran soal kepada siswa.

"Kalau yang sekarang pasti kena sanksi.  Ada bukti cukup,  selain diproses pelanggaran disiplin akan dipidanakan perkara kriminal,"  tegasnya.

Untuk diketahui, Menteri Muhadjir, sudah mengingatkan kepada para guru dan kepala sekolah untuk tidak membantu siswanya dengan membocorkan soal.

Ia mengatakan murid-murid harus berjuang dalam ujian nasional dengan kemampuannya sendiri tanpa kecurangan.  Sekalipun ada murid yang gagal dalam ujian, biarkan itu menjadi pembelajaran pada anak didik bahwa bekerja keras merupakan kunci dalam meraih kesuksesan.

"Kalau gagal,  biar dia berpikir bahwa tidak ada pilihan lain selain bekerja lebih keras,  tidak ada yang menolong dan harus bisa mengerjakan sendiri," kata Muhadjir.

Ujian Nasional tingkat SMA sederajat akan berlangsung pada 3-13 April 2017.(ZN)

Posting Komentar