Raden Adipati Surya, Bupati Way Kanan (ist)

WAYKANAN, FS - Ditunjuknya Kabupaten Waykanan sebagai salah satu menjadi daerah yang akan di bangun kawasan industri oleh Pemerintah Provinsi Lampung, ini membawa berkah bagi masyarakat dan mahasiswa yang sedang melajutkan ke kursi perkuliahaan. Pasalnya denga adanya pembangunan ini nantinya ini bisa menyerap ratusan tenaga kerja asal Waykanan dan akan memprioritasnya masyarakat dan lulusan dari daerah setempat.

“Ini menjadi berkah bagi masyarakat Waykanan, karena pembangunan kawasan industri ini akan di bangun pada 2018 dan setiap perusahan yang berdiri di kabupaten akan saya perintah untuk menerima mahasiswa lulusan perguruan tinggi yang ada dilampung khususnya yang memiliki domisili di masing-masing kecamatan,” ujar Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya.

Menurutnya, pembangunan kawasan Industri di Lampung Khususnya Kabupaten Waykanan bisa mengurangi pengangguran yang ada, karena setiap tahunnya hampir ratusan mahasiswa yang berkuliah di Bandarlampung atau di daerah lainnya. Para sarjana ini pulang ke kampung halaman untuk mencari pekerjaan. Dengan adanya lowongan pekerjaan dari para pelaku industri ini bisa mengurangi pengangguran di Kabupaten Waykanan.

Selain itu, para sarjana ini harusnya bisa membuka lapangan pekerjaan dengan cara membuat kegiatan usaha UMK, yang membutuhkan pekerja dan pengrajin yang banyak.
“Ya semuanya bisa bekerja, tetapi yang paling utama adalah bisa mencetak lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada di kabupaten Waykanan,” tegas orang nomor satu di Bumi Ramik Ragom

Adipati menambahkan, kedepan akan memanggil seluruh pengusaha swasta dan BUMN untuk bisa menerima anak-anak Waykanan yang telah menyelesaikan perkuliahaanya di Univeritas Negeri dan Swasta.

Ketua partai Demokrat Kabupaten Waykanan ini menjelaskan, Perusahaan harus bisa menerima dan memprioritasnya  masyarakat Waykanan dibandingkan daerah tetangga dan lainnya.

“Perusahaan harus bisa menerima dan memprioritasnya masyarakat yang berdekatan dengan tempat perusahaan berdiri di bandingkan daerah lain yang jauh dari jangkuan perusahaan. Tetapi perusahaan haru sesuai dengan lulusan yang dibutuhkan seperti perusahaan perkebunan harus bisa memprioritasnya sarjana perkebunan,” jelasnya.


Bapak tiga anak ini mengharapkan kedepan mahasiswa bisa lebih kreatif dan memajukan daerah dengan promisi-promosi melalui media sosial atau lainnya. Bahwa Waykanan tidak buruk seperti apa yang difikirkan melainkan banyak yang bagus dan yang indah yang ada di masing-masing kecamatan. (#)

Posting Komentar