[caption id="attachment_1039" align="aligncenter" width="363"] Donor Darah - Ilustrasi (ist)[/caption]

PANARAGAN(FS) -Palang Merah Indonesia (PMI) Tulangbawang Barat  telah menetapkan tiyuh/desa Makarti sebagai tiyuh Donor Darah Sukarela(DDS), hal ini patut menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat.  Demikian diungkapkan kepalo tiyuh Makarti Sunaryo, Kamis(30/3).

Hadir acara tersebut Asisten III bidang administrasi umum Prana Putra, SH, MH, Ketua DPRD Tubabar Busroni, SH Ketua DPRD Tubabar, Pwengurus PMI Provinsi Lampung Hi. Umar Hasan,Kadis BPMPT Eri Budi Santoso,sekretaris Dinas Kesehatan Tubabar, Majril, Wakabid SDM dan Relawan  PMI Tubabar, Dr. Edi Winarso, ratusan relawan donor darah sukarela dan serta calon pendonor darah sukarela Tiyuh Makarti

Menurut Sunaryo,  peresmian Tiyuh Donor Darah Sukarela (DDS) di tiyuh Makarti sesuatu yang sangat membanggakan warganya.

“Hasil pendataan yang dilakukan  oleh PMI Tubabar relawan yang akan mendonorkan darahnya berjumlah 783 orang dan relawan tiyuh berjumlah 240 orang” ujarnya.

Sementara itu wakil ketua bidang SDM dan Relawan PMI Tubabar dr.Edi Winarso mengatakan, keuntungan kampong DDS adalah kampong memiliki data base ketersediaan darah, yang setiap saat saat bisa digunakan jika terjadi bencana alam.

"Keuntungannya adalah para pendonor darahnya akan selalu segar dan kembali muda, persediaan darah yang dimiliki oleh PMI Tubabar telah terdata dan merupakan stok darah yang setiap saat siap di donorkan” ujarnya.

Dalam sambutannya pengurus PMI provinsi Lampung, Umar Hasan mengapresiasi kemajuan Tubaba terutama sector kesehatan serta pembangunan lainnya. Ia berharap dengan kemajuan Tubaba yang baru berusia 8 tahun, namun telah melebihi kabupaten/kota yang ada di provinsi Lampung

Ia menambahkan, hal ini merupakan kebanggaan kabupaten dan melegenda di Provinsi Lampung karena pengurus PMI Kabupaten Tubaba dengan cepat merespon sesuatu dan memiliki kreatifitas yang tingi. Dan selalu tercatat nomor satu dalam kegiatan dengan luar negeri seperti di Denmark. Dan PMI Tubaba berada di peringkat teratas dari 11 PMI kabupatenab/kota se Lampung.

Sementara itu,  dalam sambutannya Pj bupati Tubaba  yang dibacakan oleh asisten III bidang administrasi umum Prana Putra, SH,MH mengatakan bahwa RSUD Tubaba telah beroperasi dan pemerintah daerah telah mewujudkan apa yang menjadi tugas pokok PMI. Tugas pokok PMI yakni mengelola unit transfusi darahyang saat ini sedang dipersiapkanuntuk pelayanannya.

"Tiyuh donor darah suka rela menjadi salah satu urat nadi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya pelayanan darah. Semoga PMI bisa terus melaksanakan tugas dan terus dapat bekerjasama dengan instansi yang lainsesuai dengan kebutuhan dan kesamaan tugasnya” pungkasnya.

Acara peresmian kampong DDS tersebut ditandai dengan pemotonan pita oleh ketua DPRD Tubaba Busroni, SH. (GS).

Posting Komentar