Bupati Adipati Surya (ist)


WAYKANAN, FS -Keputusan Bupati Way Kanan Lampung, Hi. Raden Adipati Surya, SH, MM, untuk memberikan sangsi tegas terhadap para pejabatnya serta ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Way kanan yang tidak berlaku disiplin, mendapatkan dukungan penuh dari Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim dan Ketua Karang Taruna Way Kanan Sairul Sidiq, SH.

“Menurut saya, apa yang dilakukan Saudara Bupati itu sudah sangat bijak. Dimana dihampir setiap kesempatan  beliau selalu mengingatkan bawahannya untuk terus meningkatkan disiplin. Karena disiplin modal utama untuk menggapai keberhasilan. Bila saat ini beliau ingin memberikan sanksi terhadap para bawahannya, tentu kami dukung penuh. Sebab memang demikianlah seorang pemimpin yang baik, agar sanksi itu menjadi pembelajaran bagi yang lain. Sebab bila tidak, bisa jadi dimasa yang akan datang yang lain akan menyusul," ujarnya.

"Hanya saja, tentunya sesuai dengan acuan hukum yang ada. Apalagi dari informasi yang saya dapat, pada hari itu, bukan hanya Kepala Inspektorat saja yang tidak masuk kerja karena hari itu hari kejepit, melainkan diduga masih ada pejabat eselon II lainnya yang juga tidak masuk kerja dan tanpa keterangan, dan demi keadilan saya minta agar mereka juga diberi sanksi,” tegas Nikman Karim, Ketua DPRD Way Kanan.

Lebih jauh Nikman Karim menyatakan, semestinya para pejabat dan pegawai di Kabupaten Way kanan, dapat memahami dengan baik karakter pimpinan mereka (Bupati .red), dan dapat mengikuti dengan seksama apapun yang diinginkan, bukan malah mencari cari kesempatan.

“Saya rasa mereka semua (ASN dan Pejabat Way Kanan .red) telah cukup memahami cara beliau bekerja. Bahkan dalam memprogramkan pelaksanaan Pembangunan di Way kanan beliau mengedepankan usulan dari bawah, karena memang beliau menitikberatkan pada azaz manfaat. Jadi, bila Saudara Bupati merasa kesal oleh ulah pejabat dan ASN, saya rasa wajar, dan sudah sepantasnya memberikan hukuman. Sebaliknya, beliau juga harus memberikan reward, pada pegawai Way kanan yang berprestasi,” timpal Nikman Karim.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Way kanan Sairul Sidiq, SH selaku kepanjangan tangan dari generasi muda Way kanan mengatakan, rakyat sudah tidak sabar lagi ingin melihat perubahan disemua segi dalam kehidupan pemerintahan dan kehidupan sosial yang ada di Way kanan. Karena itu, dengan tegas Sairul meminta Bupati agar segera melakukan evaluasi bagi para pejabatnya yang tidak mau disiplin. Karena hal itu akan sangat berdampak pada pelaksanaan program-program pembangunan yang digagas oleh Bupati.

“Kalau ditanya dari sudut pandang kami anak muda, tentu kami mendukung kebijakan Bupati. Toh stok pejabat kita banyak, dan lagi dalam memberikan jabatan beliau sama sekali tidak ada pamrih, hanya meminta dukungan penuh untuk mensukseskan program pembangunannya menuju Way Kanan maju dan berdaya saing 2021. Akan tetapi nyatanya masih banyak pejabat yang memblenyon (tidak disiplin .red). Jadi, wajar saja kalau beliau akan melakukan evaluasi. Sebab kami para pemuda ingin segera melihat perubahan, dan perubahan menuju yang baik itu tentu harus didukung oleh pejabat pemerintahan yang baik pula. Kalau unsur pemerintahnya saja tidak disiplin, bagaimana meminta masyarakat disiplin,” tandas Sairul Sidiq, SH.

Sedangkan Orang Nomor 1 Way Kanan sendiri, masih bungkam tentang siapa saja Pejabatnya yang bolos dan akan ia beri sangsi.

"Kita lihat saja hari Jum’at yang akan datang, mereka semua akan saya kumpulkan. Nanti anda akan tahu sendiri, dan saya ucapkan terima kasih pada semua rekan pers yang telah memberikan dukungan atas kebijakan saya, sehingga saya tidak perlu lagi menjelaskan kepada masyarakat, tentang apa yang terjadi. Dan hal itu juga menjadi lebih baik, karena dengan demikian masyarakat menjadi tahu, mengapa mereka kita evaluasi atau mengapa mereka kita beri hukuman,” tegas Bupati Raden Adipati Surya. (MS)

Posting Komentar