Pemprov Lampung menggelar Fokus Group Discussion (FGD) kajian sistem transportasi, energi, dan infrastruktur (Foto Irzon)



BANDARLAMPUNG, FS -Dengan komitmen menciptakan industri pariwisata di daerah pesisir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam merancang jaringan transportasi tol laut.


Menurut Sekretaris Daerah Pemprov Lampung, Sutono, pengembangan jalur laut untuk moda transportasi menjadi pilihan yang efektif dan efisien guna mengurangi beban kendaraan di jalur darat. Dari itu, lanjutnya, perlu dibangun suatu pelabuhan perantara dari Sabang, Jawa, hingga Timur Indonesia.


"Kita sedang pikirkan apakah di Kabupaten Mesuji, Lampung Timur, Tulangbawang, atau Lampung Selatan. Intinya kita harus punya pelabuhan wilayah Timur untuk mengembangkan sektor-sektor transportasi laut. Karena kedepan gak ada lagi angkutan barang berat seperti kopi, karet yang melintasi jalur darat," ujar Sutono usai Focus Group Discusion (FGD) kajian sistem transportasi, energi, dan infrastruktur dalam rangka mendukung pengembangan kawasan pesisir, di ruang rapat Balitbang Provinsi Lampung, Rabu (29/3).


Dikatakannya, pengembangan sistem transportasi, energi, dan infrastruktur juga guna mengubah kesan kumuh dan terbelakang pada pesisir menjadi daerah spesial dan unggul dalam bidang industrialisasi atau jasa terutama pariwisata.


"Kita tahu ada delapan kabupaten yang memiliki pesisir. Jadi kita jangan hanya hitung-hitungan terkait pasar ikan saja, tapi kemasannya harus mengarah ke imdustri pariwisata. Daerah-dartah mana saja yang harus kita percepat pembangunannya," tandasnya. (ZN)

Posting Komentar