Lampung Timur : Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis membuka secara resmi acara Musrenbang Kabupaten Lampung Timur tahun 2018 dengan tema Memacu Pembangunan infrastruktur dan Perekonomian Daerah Berbasis Agribisnis Menuju Masyarakat Lampung Timur Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak Mulia, yang dilaksanakan di Gedung Pusiban kantor Bupati Lampung Timur, Kamis (16/03/2017).

Diinformasikan Karo Humas dan Protokol Bayana, acara turut dihadiri oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim serta jajaran Fokorpimda dan tokoh adat dan masyarakat di Lampung Timur.

Dalam paparannya Asisten Bidang Administrasi Umum menyampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung telah menjalankan sejumlah program pembangunan prioritas dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lampung dan mewujudkan Lampung Maju dan Sejahtera. Tak terkecuali program-program prioritas yang dijalankan di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Dalam Musrenbang ini di bahas sejumlah agenda pokok. Pertama adalah  pentingnya memelihara dan memperkokoh keselarasan kebijakan pembangunan antar jenjang pemerintahan. Kedua pembangunan Provinsi Lampung di tahun 2016 telah menunjukkan perbaikan dan hasil yang cukup membanggakan, baik pada skala regional pulau sumatera maupun skala regional pulau sumatera maupun skala nasional.

"Pertumbuhan ekonomi Lampung tercatat 5,15 persen, lebih baik dibanding pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,02 persen. Sedangkan Inflasi Lampung sebesar 2,78 lebih rendah dari inflasi Nasional yang sebesar 3,02 persen," ujar Hamartoni.

Lebih lanjut diuraikan, untuk mendorong percepatan pembangunan pada tahun 2018 mendatang Pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan 7 (tujuh) prioritas pembangunan daerah. Yaitu pembangunan infrastruktur untuk mendukung kreativitas wilayah, pendidikan dan pembinaan mental, kesehatan, pertanian dan kelautan, investasi dan pariwisata, industri, koperasi dan UMKM yang diikuti dengan stabilitas kamtibmas dan reformasi birokrasi.

Kegiatan yang diselenggarakan Pemprov Lampung tahun 2017 untuk Lampung Timur antara lain pembangunan sumber daya manusia melalui penguatan sarana prasarana SMA/SMK negeri pertanian sekampung dan SMA Negeri 1 Pasir Sakti dan penguatan infrastruktur melalui pembangunan ruas jalan provinsi koridor 2 sepanjang 7 kilometer serta pemeliharaan berkala ruas jalan Provinsi koridor 1 dan 2 sepanjang 6 kilometer.

"Kegiatan lain yaitu penanggulangan kemiskinan melalui program Gerbang Desa Saburai. Pada tahun 2017 terdapat 4 desa yang akan ditangani. Selain itu penguatan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan dalam rangka mendukung ketahanan pangan daerah. Seperti pembangunan jalan usaha tani, pembangunan gudang dan sarana kerja usaha tani, hingga pemberian bantuan pengadaan ternak," jelasnya.

Sementara Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengucapkan terimakasih dan selamat datang di Lampung Timur kepada Pemerintah Provinsi atas dukungannya terhadap pembangunan baik infrastruktur ataupun perekonomian Kabupaten Lampung Timur.

"Berkat dukungan Pemprov Lampung Alhamdulillah pada tahun 2016 perbaikan jalan terpanjang dengan berbagai jenis ruas jalan baik jalan daerah, jalan provinsi maupun jalan nasional terlaksana di kabupaten Lampung Timur," ujar Bupati.

Ditambahkan oleh Kabag Humas dan Komunikasi Publik, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim berharap mendapatkan porsi maksimal antara lain pada isu strategis 2018 di bidang infrastruktur dengan pembangunan yang bersifat padat karya.

"Melalui Musrenbang diharapkan mampu memacu pembangunan dan perekonomian daerah dengan isu strategis berupa peningkatan daya saing kepariwisataan, peningkatan iklim investasi daerah, peningkatan kondisi ketentraman dan ketertiban masyarakat, peningkatan indeks pembangunan manusia dan optimalisasi kualitas layanan publik," katanya.(rilis)

Posting Komentar