Lampung Selatan : Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mengtakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) merupakan upaya bentuk perencanaan dan perhitungan untuk mencapai tujuan pembangunan yang tepat sasaran.

Hal itu dikatakannya saat menyampaikan sambutan pada kegiatan musrenbang tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang berlangsung di Aula Rajabasa lingkungan kantor pemerintah setempat, Rabu (22/03/2017).

Dikatakannya, paradigma baru perencanaan pembangunan menempatkan rakyat sebagai subyek pembangunan. Maka dari itu, Zainudin menekankan, pembahasan musrenbang tingkat kabupaten tersebut, dalam pembangunannya harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kemudian, juga harus melibatkan masyarakat mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pengawasan dan pemanfaatan hasilnya. Dimana perencanaan pembangunan dilaksanakan melalui dua proses yaitu proses teknokratis dan proses politis dalam bentuk mekanisme perencanaan dari atas, mekanisme perencanaan dari bawah yang dilaksanakan secara partisipatif," ujar Zainudin.

Lebih jauh Zainudin mengatakan, musrenbang tingkat kabupaten merupakan wujud pelibatan pemangku kepentingan dalam proses perencanaan pembangunan sekaligus sebagai upaya penyerapan aspirasi masyarakat sebagai masukan bagi perangkat daerah.

"Hendaknya, dalam menyusun rencana program dan kegiatan, yang kemudian disusun menjadi dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2018. Dapat dijadikan sebagai rujukan dalam penyusunan kebijakan umum APBD oleh Pemerintah Daerah bersama DPRD," pungkasnya.

Agenda tahunan Pemkab Lampung Selatan tersebut, dihadiri Sekda Provinsi Lampung Ir. Sutono, seluruh kepala satuan kerja setempat, tokoh masyarakat, kepala desa. (fitri)

Posting Komentar