Bandar Lampung : Pergelaran Acara Adat Kerajaan Pak Sekala Brak di Provinsi Lampung pada awal April mendatang akan dihadiri oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Polisi Tito Karnavian.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono dalam Rapat kunjungan Kapolri ke Provinsi Lampung di ruang rapat Sakai Sambaian, Rabu (30/03/2017).

Dalam rapat, Sutono menjelaskan bahwa rencananya pada tanggal 7-8 April mendatang, Kapolri akan melakukan kunjungan kerja Ke Provinsi Lampung. Dimana dalam kunjungannya tersebut terdapat 2 (dua) rencana kegiatan yaitu Acara Internal Polda Lampung dan Pelaksanaan Acara Adat Kerajaan Pak Sekala Brak yang akan diselenggarakan di Mahan Agung Lingkup Kantor Pemerintah Provinsi Lampung.
Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung akan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka mempersiapkan acara kunjungan kerja Kapolri Ke Provinsi  Lampung. Sehingga Moment ini akan menjadi hal yang berkesan bagi Kapolri Tito Karnavian.

“Hal ini juga akan menunjukkan bahwa di Era Modern saat ini, Provinsi Lampung masih memiliki Kebudayaan Lampung yang sangat kuat. Selain itu, momen ini dapat dimanfaatkan sebagai promosi budaya Lampung guna memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia, bahkan Manca Negara.” Kata Sutono.

Iskandar Zulkarnain selaku Perwakilan Kerajaan Adat Pak Sekala Brak menjelaskan perlunya persiapan yang matang dan detail dalam pelaksanaan acara adat ini. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan adat tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

“Seperti halnya acara adat Kerajaan Sekala Brak, dalam acara ini akan terlihat bagaimana pelaksanaan Adat yang sebenarnya. Untuk itu, dalam pelaksanaan adat  ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, contohnya seperti pakaian adatnya. ” Kata Iskandar.

Lebih lanjut, Iskandar menyampaikan dalam acara adat ini akan terdapat pemberian Gelar Kepada Kapolri, serta pemberian Pusaka berupa Bambu Buntu dan tongkat Komando dari Kerajaan Sekala Brak.
Sementara itu, Wakapolda Lampung Bonifasius Tampoi menambahkan dalam acara kunjungan kerja Kapolri, selain terdapat Acara Adat Kerajaan Sekala Brak, Juga terdapat Acara Internal di Polda Lampung.

Adapun rencana Internal di Polda Lampung yaitu melaksanakan Sholat Jum’at bersama, melaksanakan Sholat Istighosah, Pemberian Arahan Kepada Anggota serta melakukan Sholat Subuh bersama.
“Untuk itu, Mohon dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi Lampung agar kunjungan kerja Kapolri dapat terlaksana dengan baik dan lancar” Ucap Bonifasius

Diinformasikan Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana, dalam rapat ini diikuti oleh Kepala Biro Umum Isron Fadtricar, Perwakilan Kerajaan Sekala Brak, Satuan Pol PP, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kominfo.(rilis)

Posting Komentar