Gambar Ilustrasi. (Ist)


BANDARLAMPUNG, FS -- Sejumlah anggota dan pengurus Kamar Dagang dan Industri(KADIN) Lampung, mengadakan pertemuan untuk membahas program percepatan pembangunan ekonomi Lampung melalui pemberdayaan sektor Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM). 
kegiatan tersebut berlangsung di kantor Kadin Lampung, Minggu (26/3).

" Rapat ini untuk membahas program dan langkah kerja Kadin Lampung, dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Lampung, khususnya disektor UMKM" ujar Ketua Kadin Lampung, Ari MMeyzary Alfian, saat ditemui, Minggu (26/3).

Adapun draft atau butir-butir hasil pertemuan ini terdapat 9 program besar yang disepakati antara lain, Focus kepada 5 produk unggulan pembinaan UMKM yaitu,  Fashion (tapis dan batik lampung), kuliner, handycraft, Kakao dan Kopi.


Melakukan sertifikasi produk, yang bekerjasama dengan lembaga terkait, Melakukan standarisasi produksi dengan menggandeng para stake holder.

Membantu memperluas jaringan distribusi produk-produk UMKM, Memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan akses bantuan permodalan dan pembiayaan.

Mempersiapkan atau memberikan akses pemasaran baik wahana pemasaran fisik antara lain dengan membuat rumah kreatif KADIN maupun sistem pemasaran digital (pemasaran online).


Meningkatkan daya saing SDM dengan mengadakan pelatihan, seminar, serta workshop baik kepada pelaku UMKM maupun start up company di kalangan mahasiswa, untuk menciptakan wirausaha baru.


Meningkatkan peran wanita untuk bisa ikut berperan serta  dalam UMKM,
Melakukan kerjasama dengan BEKRAF dalam rangka meningkatkan peran Industri Kreatif di Lampung.


Melakukan kerjasama dengan KADIN Provinsi se Indonesia dalam rangka memperpendek rantai distribusi antar daerah sehingga diperoleh economic cost yang jauh lebih efisien.

Masing-masing program telah ditunjuk PIC yang bertanggung jawab untuk melaksanakannya, beserta  timelinenya.

KADIN adalah organisasi yang menjadi wadah para pelaku usaha, oleh sebab itu, dalam rangka  program pemberdayaan UMKM Lampung dan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Lampung, perlu adanya rencana serta gagasan-gagasan yang mampu mendorong para pelaku usaha di Lampung semakin maju dan berkembang. (IH).

Posting Komentar