Lampung Selatan : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kesehatan , Kementerian Kesehatan RI menjalin kerjasama penelitian pendampingan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum dengan Kepala Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI dr. Siswanto, MHP, DTM beserta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung DR. Hj. Reihana, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Lampung Selatan dr. Jimmy B. Hutapea, MARS, bertempat di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan, Jum’at (31/03/2017).

Dengan penandatangan MoU tersebut, Zainudin berharap, kedepan bisa mempengaruhi peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, IPM Kabupaten Lampung Selatan masih berada di peringkat tiga terbawah dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

“IPM Lampung Selatan saat ini terendah ketiga di Provinsi Lampung, harapan kita bagaimana bisa merubah IPM Lampung Selatan menjadi tiga teratas bukan sebaliknya, targetnya agar bisa menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung,” ujar Zainudin saat menyampaikan sambutan.

Menurut Zainudin, manusia lahir sejak bayi yang dibutuhkan pertama kali adalah kesehatan. Dengan kondisi kesehatan yang baik, maka bayi akan tumbuh besar dan memerlukan pendidikan berkualitas agar bisa hidup sejahtera dan memiliki ekonomi yang kuat.

“Maka dengan adanya program ini, Inshaa Allah akan membantu harapan saya menjadi lebih cepat terwujud. Untuk itu, kita harus berhasil menjalankan program ini, karena Lampung Selatan menjadi rule model di seluruh Indonesia bukan hanya di Provinsi Lampung,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, DR. Hj. Reihana, M.Kes berharap, MoU tersebut dapat berjalan dengan baik, sehingga Research Implementasi PIS-PK dapat dilaksanakan dan menghasilkan output yang optimal.

“Pada kesempatan ini, perlu kami informasikan kepada bapak/ibu, bahwa diseluruh Indoneasia hanya di Lampung Selatan yang dilaksanakan Research Implementasi PIS-PK ini,” ungkap Reihana.

Senada disampaikan Kepala Litbang Kesehatan, Kemenkes RI dr. Siswanto, MHP, DTM, Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dapat terlaksana dengan baik dan tersosialisasikan tujuan dan manfaatnya kepada masyarakat.

“Tentunya kami berharap kerjasama ini segera ditindaklanjuti antara Dinas Kesehatan Lampung Selatan dengan Pusat Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan, dengan demikian kerja sama ini nantinya dapat berjalan sesuai dengan harapan. Sehingga hasilnya menjadikan Kabupaten Lampung Selatan ini sebagai tempat rujukan bagaimana melaksanakan PIS-PK dan GERMAS yang efektif dan efisien,” pungkasnya.(fitri) 

Posting Komentar