Lampung Selatan : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melounchingkan produk asli buatan daerah tersebut yakni beras palas. Kali ini pemerintah setempat melalui bidang pertanian yang terbilang cukup meliki lahan persawaan yang luas, menlounching "Beras Palas" dengan singkatan Padi Asal Lampung Selatan. Peresmian beredarnya Beras Palas tersebut kepada masyarakat, diresmikan oleh Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, di Dekranasda, Jum'at (24/03/2017).

Saat memberikan sambutan diacara lounching tersebut, Bupati Zainudin Hasan mengatakan, dalam rangka memajukan perekonomian di Lampung Selatan banyak caranya. Salah satunya, kata Zainudin, terobosan melalui pembuatan produksi sendiri yakni "Beras Palas" dengan memanfaatkan potensi besar bidang pertanian.

"Salah satunya produksi beras dengan label Beras PALAS. Secara otomatis jika berjalan dengan baik akan mendongkrak kemajuan roda perekonomian di Lampung Selatan," kata Zaindin Hasan.

"Saya minta, sudah adanya produk sendiri (Beras Palas, red), seluruh ASN dan masyarakat umumnya tidak lagi membeli beras merk lain, kecuali merk atau label PALAS," sambungnya.

Selanjutnya, Zainudin Hasan mengatakan, memantapkan program tersebut kedepannya agar berjalan baik dengan dikelola managament yang memumpuni. Zainudin Hasan akan membentuk suatu badan atau lembaga resmi non pemerintahan mengelola produksi Beras Palas tersebut.

"Kedepan akan kita dibuatkan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) khusus, supaya lebih terakomodir baik produksi maupun pemasaran," jelasnya.

Telah diresmikannya Beras Palas tersebut, Zainudin Hasan mengaku, banyak keuntungan yang akan didapat bagi Lampung Selatan. "Keuntungan adanya Beras Palas, diantaranya, dapat menghindari akan terjadinya kelangkaan beras, menekan dalam segi harga beras merk lain jika terjadi suatu-waktu," kata dia.

"Bagi petani di Lampung Selatan, saya menghimbau, supaya beras yang dihasilkan baik dan bagus, petani ditekankan agar pengelolaannya maksimal," pungkasnya.(fitri)

Posting Komentar