Bandar Lampung : Evolusi tapis yang terus bergulir saat ini akan menjadi salah satu pendorong bagi peningkatan pariwisata dan usaha kecil menengah di Provinsi Lampung, yang  tentu saja diharapkan membawa pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung.

Hal ini sejalan dengan visi  dari Pemerintah Provinsi Lampung" demikian dikatakan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo Sabtu (25/2) malam saat membuka acara Lampung Tapis Evolution Tahun 2017 di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur Lampung.

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, M.Ridho Ficardo mengatakan bahwa "event ini juga merupakan suatu bentuk cara mengangkat karya klasik menjadi karya modern, kiranya event ini  dapat memiliki efek bola salju yang sangat positif untuk menghidupkan tapis karena tapis merupakan salah satu karya dari Lampung yang sebenarnya sulit ditandingkan dengan daerah laen karena kekhasan, dengan motif serta ornamen yang membawa kesan mewah bagi yang memakainya, hal ini juga berimbas kepada harga satu kain tapis bisa bernilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

ni tentunya yang diharapkan ketika orang diluar Lampung sudah mengenal kain tapis dan membelinya akan membawa dampak ekonomi pagi para pengerajin khususnya, dan secara umum juga berdampak bagi masyarakat di Provinsi Lampung ”, ungkap Gubernur Lampung.

M.Ridho Ficardo juga menegaskan bahwa "kalau bukan kita yg mengangkat adat Lampung beserta pakaiannya siapa lagi, karena perlu diketahui saat ini bahasa Lampung sudah menjadi catatan yang akan terancam punah karena perkembangan jaman.

ditambah lagi dimana kita juga bersama masyarakat Lampung merupakan daerah yang dinamis dan heterogen, hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk tetap menjaga budaya Lampung tetap eksis di daerahnya sendiri", paparnya.

Ditambahkan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Agus Nompitu selaku panitia penyelenggara,  "Tujuan kegiatan Tapis Evolution 2017 ini adalah untuk mendorong pembaharuan kerajinan Tapis sehingga menjadi stimulus bagi kreatifitas Pengrajin terutama UKM untuk mengeksplorasi Tapis, baik dalam Karya Seni maupun Budaya industri. Sehingga tapis dapat terus diperkarya dengan berbagai Penemuan dan Variasi, baik untuk Fashion, Kerajinan, Industri Pariwisata dan lainnya yang pada gilirannya diharapkan memberi dampak terhadap pertumbuhan ”Usaha Kecil Menengah” dan Perekonomian Daerah Lampung pada umumnya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Wakapolda Lampung Bonafius Tampoi, Danrem Gatam 043 Inf. Hadi Basuki, Komandan Brigade Infanteri 3 Marinir Lampung Hermanto, Komandan Lapangan Udara Lanud Pangeran M Bun Yamin Letkol Nav Arief Budiman, serta para Bupati/Walikota se Provinsi Lampung. (Rls)

Posting Komentar