foto istimewa

Lampung Timur : Akibat terendam banjir setinggi satu meter ratusan hektar sawah milik sejumlah petani di desa Mandala Sari dan desa Kebon Damar kecamatan Mataram Baru kabupaten Lampung Timur terancam gagal panen.

Tanaman padi yang telah berusia kurang lebih satu bulan ini di terjang banjir akibat luapan air sungai yang ada di sekitar persawahan. Sementara meluapnya air sungai disebabkan hujan deras yang melanda di sejumlah daerah di kabupaten Lamtim.

Salah satu petani setempat Supri mengatakan, bencana banjir telah terjadi sekitar dua hari  yang mengakibatkan semua tanaman padi terendam banjir sehingga dapat merusak pertumbuhan tanaman tersebut jika air tidak segera surut.

Ia menjelaskan, biasanya banjir tersebut tidak berlangsung lama akan tetapi kali ini malah semakin meluap. bahkan dampak dari banjir ini juga dirasakan oleh petani di desa lainnya.

"Mengingat sebelumnya banjir palinglama tiga hari sudah kering, tapi ini sudah berjalan satu minggu malah tambah deras air yang masuk, bahkan tidak hanya di dua desa kita saja, melainkan sawah di desa Karang Anyar desa Srigading juga terendam air,"jelasnya.

Berbeda dengan sejumlah desa yang berada di Kecamatan Batanghari Nuban, kendati debit air sungai Batanghari meluap secara signifikan yang diperkirakan mencapai empat meter akibat hujan deras, namun tidak berimbas jauh terhadap tanaman padi milik masyarakat sekitar.

Hasil pantaun media ini, ratusan hektar sawah di sejumlah desa di Kecamatan Batanghari Nuban telah selesai dilakukan penanaman semai padi.(TM)

Posting Komentar