Lampung Tengah : Ribuan warga Kabupaten Lampung Tengah rumpah ruah memadati Lapangan Merdeka Gunung Sugih, Jumat (10/02/2016). Mereka hadir memeriahkan launching senam ronda yang digagas Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa. Mereka terdiri dari kalangan pelajar, Linmas, Satpol PP, mahasiswa KKN, staf dan SKPD hadir mengikuti alunan lagu ronda.
Launching senam ronda ditandai dengan pemukulan gong dan menerbangkan balon oleh Bupati Mustafa dan didampingi oleh Wakil Bupati Loekman Djojosoemarto, Sekda, Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Agama dan Kepala SKPD se-Lampung Tengah.
Senam ronda dipimpin langsung oleh Mustafa dan Ketua TP PKK Nesy Kalvia. Keduanya kompak mengenakan seragam senam ronda biru-biru.
Sedikit berbeda dengan senam-senam pada umumnya, dari sisi gerakan, salah satu gerakan khas senam ronda adalah gerakan memukul kentongan yang biasa dilakukan petugas ronda. Senam ini diharapkan bisa menambah semangat atau meningkatkan semangat warga untuk melaksanakan ronda.
“Keamanan adalah menjadi program yang harus diwujudkan di Lampung Tengah, dalam hal ini lewat ronda. Saya ingin seluruh masyarakat berpartisipasi, bersama-sama mengamankan daerah kita. Untuk itu saya ingin menggerakan masyarakat untuk ronda,” ungkapnya.
Senam ronda, kata dia, nantinya akan dijadikan sebagai agenda rutin di Lampung Tengah yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Ronda sebagai salah satu program keamanan Lampung Tengah harus dikenalkan ke masyarakat dari seluruh lapisan, termasuk anak-anak dan pelajar.
"Senam ronda akan menjadi senam wajib di Lampung Tengah. Akan kita kenalkan ke seluruh masyarakat mulai dari anak-anak, pelajar, masyarakat termasuk aparatur pemerintah. Masyarakat harus familiar dengan ronda. Tak melulu aktivitas jaga dan pengamanan, rondajuga harus menjadi kegiatan yang menyenangkan," pungkasnya
Sementara itu Wakil Bupati Loekman Djojosoemarto menuturkan senam ronda bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga member semangat kepada masyarakat untuk ronda. Warga diharapkan semakin familiar dengan aktivitas ronda.
“Masalah gangguan dan keamanan di siang hari, masyarakat diminta waspada. Siang cukup dilakukan oleh petugas keamanan. Tetapi kalau malam, warga harus berpartisipasi menjaga keamanan lewat ronda,” ujar Wabup.
Usai senam, para peserta juga dimanjakan dengan puluhan doorprize, mulai dari kulkas, sepeda, dispenser, kipas angin, setrika dan lainnya. Tak hanya itu, Bupati Mustafa juga membagikan seragam rompi kepada petugas kebersihan di Lampung Tengah.(r)

Posting Komentar