Lampung Tengah : Menerima hibah lahan seluas 2 hektar dari masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah siap membangun pasar di Kecamatan Selagai Lingga. Penyerahan lahan calon pasar dilakukan oleh tokoh masyarakat setempat kepada Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa di Kampung Selagai Lingga, Selasa, 31/1/2016.

Heriyanto, tokoh masyarakat setempat menuturkan, lahan seluas 2 hektar diserahkan mengingat Selagai Lingga belum memiliki pasar besar milik Pemda. Aktivitas jual beli selama ini dilakukan di pasar-pasar kampung di ruang lingkup yang kecil.

Keberadaan pasar dinilai penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Disitulah perputaran uang berlangsung dan peluang-peluang ekonomi muncul. Jika ada pasar otomatis warga bisa berjualan, petani bisa menjual hasil bumi dan usaha-usaha mikro dapat berkembang.

"Untuk itu kami serahkan lahan seluas 2 hektar kepada Pemkab Lampung Tengah untuk dibangun pasar, semoga bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat," ucapnya saat menyerahkan secara simbolis hibah lahan calon pasar kepada Bupati Mustafa.

Menanggapi hal ini, Bupati Mustafa menerangkan dalam waktu dekat ini akan dibangun 3 pasar di Kabupaten Lampung Tengah. Hanya saja belum ditentukan lokasi dan wilayahnya. Dengan adanya hibah 2 hektar lahan ini, mudah-mudahan Selagai Lingga bisa menjadi prioritas rencana pembangunan pasar.

"Tapi akan kami survey terlebih dahulu, mana wilayah yang potensial dan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan. Rencananya kami juga akan mengajukan 70 pembangunan pasar ke pusat, mudah-mudahan beberapanya bisa direalisasikan," ungkap Mustafa.

Dia menambahkan, saat ini sudah ada beberapa pasar yang telah dibangun, diantaranya Pasar Rumbia, Pasar Bandarjaya, Pasar Gedungsari Kecamatan Anak Ratuaji, Pasar Wates, Pasar Seputihagung dan Pasar Seputihmataram.

Pasar, lanjut Mustafa bakal merangsang pertumbuhan ekonomi di semua tingkat masyarakat di wilayah tersebut. Langkah ini merupakan salah satu program pemerintah untuk membangun ekonomi lokal.

“Pasar kampung berperan penting dalam penggerak ekonomi rakyat. Kehadiran pasar diharapkan bisa semakin menggeliatkan perekonomian warga. Tak hanya focus fisik, tetapi juga dibangun manajemen yang professional,” ungkapnya.(r)

Posting Komentar