Lampung Tengah : Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa meminta kepada seluruh kepala kampung (Kakam) agar turut aktif menyukseskan program ronda di Lamteng. Kakam diminta untuk bisa menggerakkan masyarakat aktif mengikuti ronda di seluruh dusun dan kampung.

Hal ini disampaikan Bupati Mustafa usai melantik Husein Waskito sebagai Kakam Harapan Rejo Kecamatan Seputih Agung periode 2017-2019, Rabu, 25/1/2016. Dia meyakini jika ronda benar-benar dijalankan di seluruh lapisan masyarakat, maka keamanan tidak lagi menjadi masalah bagi Lampung Tengah.

“Baru satu tahun ronda dijalankan, angka kriminalitas di Lamteng berkurang signifikan. Tahun ini Pemkab juga telah menganggarkan Rp 5 juta untuk pembangunan pos ronda. Tahun ini bakal ada 2017 pos ronda yang dibangun, jika ini sinergi dengan kesadaran masyarakat ikut ronda, saya percaya Lamteng pasti aman,” ungkapnya.

Jika ronda sukses dijalankan di Lampung Tengah sebagai program keamanan, tidak menutup kemungkinan ronda bisa menjadi program nasional. Mustafa juga diminta untuk membuat peraturan kampung (Perkam) terkait ronda di masing-masing wilayahnya.

“Perkam ini perlu agar ronda benar-benar berjalan di seluruh kampung di Lamteng. Kakam menjadi regulasi yang harus dipatuhi mulai dari jadwal, peraturan bagi yang mangkir dan lainnya,” imbuh Mustafa.

Terbukti efektif menekan kriminalitas, ia menilai kegiatan ronda harus dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh warga. Untuk itu diperlukan peraturan yang secara baku mengatur pelaksanaan ronda."Peraturan kampung menjadi salah satu faktor penting untuk terlaksananya ronda dengan baik di kampung-kampung dan kelurahan," kata Bupati.(r)

Posting Komentar