Lampung Utara : Dibawah kepemimpinan Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara. S.STP.M.H.,Pemerintah Kabupaten Lampung Utara kembali menerima Penghargaan Wahana Tata Negara (WTN) 2016 untuk ke 3 (tiga) kalinya secara berturut-turut. Yang pertama diraih pada Tahun 2014 dan yang kedua diraih pada Tahun 2015 dengan kategoripenyelenggaraan Sistem Transportasi Perkotaan.

Acara seremonial diberikan kepada Bupati Lampung Utara dilaksanakan Pada hari Selasa31 Januari 2017 di Ball Room Hotel Merlyn Park Jakarta Pusat oleh Direktur JenderalPerhubungan Darat RI Bapak Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM. Berdasarkan SuratKeputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 588 Tahun 2016 tentang Penerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk Pemerintah Provinsi, Kabupaten/KotaTahun 2016.

PenghargaanWahana Tata Nugraha (WTN) merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah RepublikIndonesia ( RI ) kepada Kota-Kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.
Penilaiandilakukan melalui 3 (tiga) tahap:1. PenilaianAdministrasi.2.  PeninjauanLapangan.3. Komitmendari pemerintah daerah dalam membenahi sistem transportasi didaerah.  Aspekpenilaian yang dinilai yaitu:1.  Saranaangkutan umum dan trayek;2. Prasarana,meliputi : terminal, parkir, trotoar, marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas;3.  APILLyaitu aspek kedisiplinan pengemudi roda empat, roda tiga (bila ada), dan tidakbermotor dalam berlalu lintas; serta kelengkapan jalan lainnya.4.  Kedisiplinanpengguna angkutan umum dan pejalan kaki.5.  Pelayanankepada masyarakat meliputi peralatan Keselamatan Berlalulintas (PKB) dankeberadaan petugas penguji bersertifikasi, keseragaman, atribut, dan keselamatan.

 “Tentunyasaya secara pribadi dan selaku koordinator pelayan masyarakat sangat berterimakasih atas diraihnya penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) yang untuk ke tiga kalinya yang diraih Kabupaten Lampung Utara, artinya pemerintah pusat menilaiadanya kemajuan dan perubahan nyata di bidang transportasi di Kabupaten yangkita cintai ini.

“Ini adalah keberhasilan dan bukti kerja kita bersama pemerintah dan masyarakat, kedepansaya berharap agar penghargaan ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkankembali, serta kita (pemerintah dan masyarakat) semakin bersatu padu agarLampung Utara semakin maju dan baik dimata pemerintah pusat, masa depancemerlang Lampung Utara ada ditangan kita bersama, mari Bersatu Kita Kuat Bersama Kita Hebat ” kata Bupati.

“Ini adalah prestasi kita semua, kedepan mari kita bersama Pemerintah dan masyarakatberpartisifasi untuk mendorong pembangunan khususnya lalulintas. Prestasi inihanyalah bonus dari berbagai upaya kita dalam penataan lalulintas. Hasil yangingin kita capai sesungguhnya adalah ketertiban lalu lintas dan kesadaranmasyarakat dalam meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas” Tambah Bupati.

Pada kesempatan itu juga pemerintah Kabupaten Lampung Utara mendapatkan bantuan 2unit Bus Angkutan Perkotaan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI),yang sekaligus penandatangan berita acara serah terima operasional kendaraan yangdilaksanakan secara bersamaan dengan acara pemberian penghargaan Wahana TataNugraha (WTN).

Tentunya bantuan ini dapat mendukung peningkatan mutu pelayananangkutan orang di Kabupaten Lampung Utara, dan sekaligus juga dapatmeningkatkan mutu Pelayanan Pendidikan, karena khusus bagi pelajar danmahasiswa dapat dimanfaatkan secara gratis.

"Mari kitajaga bersama 2 unit bus ini dan jaga kepercayaan yang diberikan PemerintahPusat kepada kita, karena tidak semua Daerah yang mendapatkan kepercayaan ini,semoga kedepan Lampung Utara yang kita cintai ini semakin mendapat kepercayaan,demi kemajuan kita bersama," Pungkas Bupati.(rasid)

Posting Komentar