Patung Zainal Abidin Pagar Alam - (istimewa)
BANDARLAMPUNG – Untuk mempersiapkan pembangunan fly over berikutnya, Pemerintah Kota  Bandarlampung bersiap akan menggeser patung Gubernur Pertama Lampung, Zainal Abidin Pagaralam (ZAP) yang berada di lampu merah Mall Boemi Kedaton ke depan Gumarang Jaya, Kedaton, Bandarlampung.

“Pindah di depan KFC coffe, biar lebih indah dan lebih baik lagi,” kata Herman, Selasa (31/1).

Pihaknya menargetkan dalam jangka waktu satu sampai dua minggu kedepan untuk menyelesaikan pemindahan patung tersebut.

“Rencana memindahkannya belum tahu. Pembuat patung itu nantinya yang akan memindahkannya,”tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mulai membersihkan lahan lokasi pembangunan flyover dan underpass didekat Universitas Lampung (Unila).

“Semoga akhir Maret  nanti bisa dilaksanakan pembangunan flyover dan underpassnya,” pungkasnya.

Sebelumnya Kabid perencanaan dinas PU Kota Bandar Lampung, Syamsul Rahman mengaku pihaknya fokus pada proses pembebasan lahan untuk pembangunan fly over dan underpass. Proses pembebasan lahan saat ini hampir rampung dan sudah mencapai 95 persen, setelah masyarakat yang terdampak pembangunan flyover telah menyepakati harga ganti rugi senilai Rp5juta per meter.

“Mungkin satu dua hari lagi sudah selesai,” ujarnya.

Dinas Pekerjaan Umum Bandarlampung tengah melakukan pendataan by name dan by addres untuk kelengkapan surat keputusan (SK) pembebasan lahan.

“ Kami sedang proses pendataan masyarakat. Karena ada beberapa warga tinggal diluar Lampung. Kemudian, surat segera akan di proses supaya bisa jalan. Mungkin yang sudah sepakat akan di dahulukan ganti rugi dan Sk nya,” ucapnya. 

Dilain sisi, perizinan pembangunan flyover di depan MBK, Kadis PU Kota Bandarlampung, Tirta mengaku bahwa pihaknya telah mengantongi izin. 

“Sudah ada surat keluar, karena syaratnya sudah dari sebulan lalu diurus. Ya kita pasti koordinasilah dan mengadakan rapat seperti itu,” jelasnya. (#)


Posting Komentar