Bandar Lampung : Pemerintah Provinsi Lampung segera membentuk Tim Kerja dalam rangka  mewujudkan Taman Nasional Way Kambas Menuju Wisata Dunia. 

Hal ini disampaikan dalam rapat lanjutan hasil Seminar Nasional "Ayo Ke Taman Nasional Way Kambas" di Ruang Rapat Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Jumat (18/11/2016).

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung makin serius dalam rangka mewujudkan Taman Nasional Menjadi Destinasi Wisata Dunia. Dimana sebelumnya telah dilakukan Seminar Nasional "Ayo Ke Taman Nasional Way Kambas" serta ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Kampung, Kabupaten Lampung Timur, Kementerian LHK, Kementerian Pariwisata dan Yayasan Kehati dalam mengembangkan Pariwisata guna meningkatkan pemerataan ekonomi di Provinsi Lampung.

Untuk itu, guna mengakomodir hasil Seminar Nasional tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung segera membentuk Tim Kerja dalam rangka mewujudkan Taman Nasional Way Kambas Menuju Destinasi Wisata Dunia.

"Pembentukan Tim Kerja ini dalam rangka memudahkan pembagian tugas dan fungsi masing-masing. Sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan optimal dengan hasil yang lebih maksimal", jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Choiria Pandarita mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan program-progran agar Taman Nasional Way Kambas Menjadi Destinasi Dunia. 

Salah satunya dengan meminta dukungan Kementerian LHK untuk menetapkan Taman Nasional Way Kambas menjadi Destinasi Nasional yang Ke- 11 dan Ke- 3 di Pulau Sumatera.

"Untuk mewujudkan hal itu diperlukan komitmen kita bersama baik dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota serta pihak Taman Nasional Way Kambas. Sehingga komitmen tersebut pada akhirnya mendapatkan dukungan dari Pemerintah Pusat", ujarnya.

Sementara itu Pemerhati Pariwisata Provinsi Lampung Idrus Djaendar Muda berharap seluruh pihak lebih serius dalam mewujudkan Taman Nasional Way Kambas menjadi Destinasi Wisata Dunia. Menurutnya hal tersebut dapat dilakukan dengan menggelar atraksi dan event-event rutin yang dapat dinikmati wisatawan yang datang ke Taman Nasional Way Kambas.

"Banyak tempat-tempat wisata yang rutin menggelar event Mingguan, Bulanan bahkan Tahunan sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan selain itu dapat mulai dipersiapan souvenir dan cindera mata yang berkaitan dengan Taman Nasional Way Kambas", katanya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam rapat ini turut hadir Perwakilan Dinas Pariwisata Lampung Timur, Pihak Taman Nasional Way Kambas, Pemerhati Pariwisata dan SKPD Terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.(rilis)

Catat Ulasan