Bandar Lampung : Gubernur Lampung M Ridho Ficardo diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis bersama Universitas Lampung menggelar rapat koordinasi pelaksanaan Kontes Robot Nasional, Jumat (11/11/ 2016), di Ruang Kerja Asisten Kantor Gubernur Provinsi Lampung.

Kontes yang akan digelar 23 -26 November mendatang akan diikuti oleh 292 peserta berasal dari 29 Universitas Negeri dan swasta di seluruh Indonesia dengan mengusung tema “Pemantauan dan Pengawasan Patok Perbatasan.

 Kontes akan melombakan 4 devisi empat perlombaan. Yakni kategori fix wing, racing plane, vertical take off and landing dan technology development. Dari 4 devisi itu akan diadakan atraksi robot. 

Dua devisi berbentuk pesawat yang dapat terbang dengan ketinggian 100-150 m dan 2 devisi robot terbang yang memiliki sensor inframerah untuk memadamkan api dari ketinggian 5 m. 

Adapun daerah manuver pesawat untuk landing dan take off akan berlangsung di wilayah Kotabaru. 

“Pemprov melalui Dinas Perhubungan dan Pendidikan akan mendukung sepenuhnya dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhlan dalam perlombaan untuk kelancaran kegiatan," ujar Hamartoni saat memimpin Rakor. 

Diinformasikan oleh Kabag Humas Heriyansyah, acara akan  dibuka dengan Ceremonial malam Welcome Dinner untuk menyambut kehadiran para peserta, pimpinan dan panitia lomba dari seluruh Indonesia.

Kabag juga melanjutkan, dengan diadakan event nasional ini diharapkan para generasi muda Indonesia untuk berjuang, berkarya nyata dalam dunia sistem nir - awak baik di udara maupun di angkasa lepas pada  masa mendatang.

Ardian Uluan dari Univeritas Lampung mengatakan, ini kali pertama Lampung menjadi tuan rumah acara tahunan kontes robot Nasional.  Sebelumnya Lampung juga menjadi Juara Umum pada tahun 2013. 

“Seluruh peserta akan memulai start dari Museum Lampung sekaligus mengenalkan kebudayaan Lampung kepada para peserta. Selanjutnya peserta akan melalui jalan Zainal Abidin Pagar Alam dan melewati PKOR Way Halim untuk sampai ketempat acara perlombaan di Kota Baru," pungkasnya.(rilis

Catat Ulasan