Lampung Selatan : Universitas Pertahanan (Unhan) resmi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam hal sekolah gratis bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah setempat yang ingin melanjutkan S2.
Peresmian kerjasama tersebut ditandai dengan ditanda tanganinya naskah kesepakatan Master of Understanding (MoU) antara Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dengan Rektor Unhan Letnan Jendral TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil, yang dilangsungkan di Aula Krakatau Setdakab setempat, Kamis (13/10/2016).
Kerjasama tersebut bertujuan untuk mengembangkan institusi dalam rangka memenuhi tugas kelembagaan masing-masing. Juga, untuk meningkatkan fungsi tri dharma perguruan tinggi guna menunjang peningkatan kualitas penyelenggaran pemerintahan.
Menurut Letnan Jendral TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil, UNHAN menerima calon mahasiswa dari berbagai latar pendidikan starta satu (S1). “Kami membuka diri kepada seluruh lapisan masyarakat. Punya semangat, dan telah lulus S1 dengan IPK minimal 3,00. Untuk ASN mininal Golongan III/b dan memiliki Ijazah S1 dengan IPK minimal 3,00. Sedangkan untuk TNI minimal pangkat Kapten/AKP dan khusus Prodi Strategi Perang Semesta pendaftar minimal berpangkat Kolonel," ujar I Wayan Midhio.
Dijelaskannnya, Unhan merupakan program beasiswa S2 (Scholarship Program) memiliki beberapa fakultas, di antaranya Fakultas Strategi Pertahanan terdiri dari Prodi Strategi Perang Semesta, Prodi Peperangan Asimetris, Prodi Diplomasi Pertahanan, Prodi Strategi. Selanjutnya, Kampanye Militer, Prodi Strategi Pertahanan Darat, Prodi Strategi Pertahan Laut dan Prodi Strategi Pertahanan Udara.
"Unhan ini, adalah universitas negeri yang memberikan beasisiwa secara penuh kepada para mahasiswanya. Jadi, semua mahasiswa yang kuliah di universitas ini tidak perlu membayar karena semua biaya perkuliahan ditanggung oleh negara," terangnya.
Sementara itu, kerjasama tersebut mendapat apresiasi dan dukungan Bupati Lampung Selatan Zaindin Hasan. Sebab, kata orang nomor 1 di Lampung Selatan ini, bisa meningkatkan Kualitas SDM terutama ASN di Pemda setempat.
"Sebelum di seleksi di UNHAN, haruslah di tes terlebih dahulu oleh Pemda Lamsel, karena UNHAN ini adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang terbaik untuk pengembangan SDM terutama ASN Pemda Lamsel," katanya.
Lebih jauh dikatakannya, kedepan jika ada ASN di Lampung Selatan mengikuti program UNHAN dan masuk hingga menjadi lulusan terbaik. Zainudin Hasan menegaskan, akan memberikan reward.
"Jika ada ASN Pemda Lamsel yg diterima di UNHAN dan menjadi Lulusan terbaik di Angkatannya, Pemda Lamsel akan memberikan Reward untuk penghargaannya," pungkasnya.(R)

Catat Ulasan