BANDARLAMPUNG : Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja jajarannya memperoleh Predikat B di Tahun 2016 ini. 

Demikian disampaikan dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja, Reformasi, dan Zona Integritas Tahun 2016 Pemerintah Provinsi Lampung oleh Kemenpan RB di ruang rapat asisten, Jumat (15/07/2016).

Diinformasikan oleh Kabag Humas Pemprov. Lampung Heriyansyah, sesuai arahan Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis ketika memimpin rapat menjelaskan bahwa hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2015 memperoleh Predikat CC dan menempatkan Lampung berada diperingkat ke-27 dari 34 Provinsi se-Indonesia.

Hamartoni mengatakan bahwa meningkatkan predikat ini merupakan komitmen Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo beserta jajarannya sehingga perlu digelar rapat untuk menyatukan persepsi dalam rangka menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan Tim Evaluator dari Kemenpan RB serta menunjuk penanggung jawab bagi SKPD dalam pendampingan penilaian.

"Setiap SKPD yang telah ditunjuk memiliki tugas masing-masing yang harus dipersiapkan dalam menghadapi evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Lampung, untuk itu seluruh jajarannya harus memiliki komitmen dan kerjasama agar hasil evaluasi ini dapat mencapai hasil maksimal", ujarnya.

Lebih lanjut Hamartoni menegaskan bahwa rencananya evaluasi ini akan berlangsung pada Juli - November 2016 mendatang dimana jajaran Tim Evaluator dari Kemenpan RB akan turun langsung ke SKPD yang berkaitan dengan Pelayanan Publik seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendapatan Provinsi Lampung.

"Selain SKPD di Provinsi Lampung perlu juga koordinasi dan sinergitas dengan SKPD di Kabupaten/Kota yang akan dilakukan penilaian, hal ini terkait kesuksesan hasil evaluasi juga bergantung pada hasil penilaian di Kabupaten/Kota tersebut", tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappeda Taufik Hidayat menjelaskan bahwa hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2015 dapat dijadikan acuan untuk menyiapkan bahan-bahan pada rencana evaluasi di Tahun 2016 ini.

Taufik mengaku telah menyiapkan jajarannya untuk membantu seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh SKPD terkait untuk menghadapi evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Lampung di Tahun 2016 ini.

"Kami akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan SKPD terkait dalam menyiapkan bahan-bahan untuk penilaian sehingga apa yang ditargetkan dapat tercapai", jelasnya.


Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam rapat ini turut hadir SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung diantaranya Inspektorat, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, DinasTenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Bina Marga, Dinas Pendapatan serta Dinas Ketahanan Pangan. (Rilis)

Catat Ulasan