LAMSEL : Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari STA 00 sampai STA 07 sudah bisa dijadikan jalur alternatif arus mudik ketika Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Bakauheni terjadi kemacetan.

Dikatakan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, JTTS sudah lebih baik dibandingkan pada tiga Minggu lalu saat dirinya meninjau JTTS beberapa waktu lalu. Sehingga, JTTS STA 00 hingga STA 07 sudah dapat dilalui para pemudik terlebih memakai kendaraan jenis Jeep.

“Saya rasa untuk kondisi darurat misalnya Jalinsum terjadi kemacetan, JTTS ini dapat digunakan. Tapi, untuk jenis kendaraan dobel cabin dan jep serta Toyota Inova,” kata Zainudin saat meninjau kondisi JTTS dari Desa Hatta atau STA 07 hingga Desa Kenyayan atau STA 00, Rabu (29/06/2016).

 Menurut dia, agar penggunaan JTTS tersebut dapat diketahui masyarakat atau pemudik, nanti akan dipasang spanduk-spanduk sebagai tanda JTTS STA 00 hing STA 07 bisa dilintasi oleh pemudik dalam kondisi darurat. Oleh sebab itu, Pemkab Lampung Selatan akan melakukan kerjasama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). 

 “Insya Allah, JTTS ini dapat membantu para pemudik yang melintas baik dari arah Bakauheni maupun dari Bandarlampung,”katanya.

Disinggung kapan JTTS tersebut dapat dipakai, Zainudin Hasan menjelaskan sebenarnya JTTS STA 00 hingga STA 07 ini sudah dapat dipakai. Namun, untuk lebih tepatnya pemakaian JTTS dalam kondisi Jalinsum dan Jalinpatim sangat padat.


“Jadi, penggunaan JTTS melihat kondisinya misalnya kondisi Jalinsum dan Jalinpatim padat dan kondisi darurat. Maka, JTTS ini bisa dipakai. Kendati demikian, apabila ada kesepakatan antara PT.PP dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk dilakukan uji coba, kita akan buka JTTS ini,”jelasnya.(fitri)

Catat Ulasan