LAMSEL : Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (Ek- LMND) Lampung Selatan (Lamsel) berharap Kepala Daerah yang baru dilantik mampu menjalankan sistem pemerintah yang berpihak kepada rakyat dan amanah.

Pertama-tama pihaknya (Ek- LMND Lamsel) mengucapkan selamat kepada kepala dan wakil kepala daerah 8 Kota/Kabupaten di provinsi Lampung yang telah dilantik pada Rabu (17/2/2016). Semoga pemimpin yang baru dapat mengemban amanat rakyat dengan sebaik-baiknya dan memberikan kemajuan dari sebelumnya.

Sekretaris Ek- LMND Lamsel, Dedi Manda, menilai mayoritas di Provinsi Lampung khususnya di Lampung Selatan (Lamsel) ‎buruh, petani, nelayan dan rakyat miskin menggantungkan harapan mereka untuk sejahtera kepada pemimpin-pemimpin yang mereka pilih pada Pilkada serentak Desember 2015 lalu.

"Artinya saat ini pemimpin-pemimpin yang dipilih langsung oleh rakyat dalam masa jabatan kedepan harus sepenuh-penuhnya mengabdikan untuk kepentingan Rakyat  bukan kepentingan pribadi atau golongan, karena jelas dalam konstitusi (UUD 1945)Indonesia merupakan Negara kesatuan yang berbentuk republik dan kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat," katanya belum lama ini.

Dedi menjelaskan, dalam hal ini mempertegas bahwa pemimpin yang lahir dari amanat rakyat harus mengedepankan kepentingan umum (res-publika) bukan kepentingan pribadi demi menguntungkan golongan (res-privata)‎.

Dimana kata dia, masyarakat khususnya di Lamsel berharap kepada pemimpin yang baru dapat menjalankan amanah rakyat dengan memberikan kemajuan, kesejahteraan serta menciptakan lapangan pekerjaan.

"Harapan masyarakat Lamsel, secara luas pada saat ini ialah para pemimpin yang baru dilantik mampu menjadi tokoh yang mampu masyarakat untuk membebaskan rakyat dari kemiskinan dan kebodohan yang merupakan ketertindasannya saat ini," harapanya.

Selanjutnya, pemimpin dapat membuat regulasi-regulasi yang jelas peruntukannya demi rakyat, seperti memberikan Pendidikan gratis, ilmiah dan demokratis, kesehatan gratis menyeluruh untuk rakyat, koperasi daerah, membuka lapangan kerja dengan basis industri nasional dan upah layak.

"Hal tersebut saya Nilai bukan hal yg mustahil Karena dalam sistem desentralisasi saat ini (otonomi daerah) setiap kepala daerah diberikan keleluasaan untuk memajukan daerahnya masing2," terangnya.

Kemudian, jika dilihat mayoritas kepala dan wakil kepala daerah saat ini juga mempunyai latar belakang pengusaha tapi rakyat hari ini berharap agar kepala dan wakil kepala daerah terpilih tidak bermain peran sebagai PePeng(Penguasa yg juga Pengusaha) yang menggunakan kekuasaannya untuk mengamankan dan menguntungkan usahanya.

"Kami berharap kepala daerah yang baru saat ini dapat menjalankan amanat rakyat dengan baik dan mampu menjawab keraguan publik," pungkasnya. (r).

Posting Komentar