METRO : Wakil Walikota Metro, Djohan, membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2015 Koperasi Bumi Sai Wawai (BSW) Kota Metro di Aula Lec Kartikatama Metro, Kamis (25/2/2016).
Acara ini turut dihadiri Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Metro Khaidarmansyah, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Metro Ridhwan, Ketua Koperasi BSW Usman Amadin, Sekretaris pada Inspektorat Kota Metro Kris Endarto, Kepala Dinas dan Perdagangan Kota Metro Purwanto, Sekretaris Dishubkominfo Kota Metro Komarudin, Camat Metro Pusat Triana Aprisia, Camat Metro Barat Subehi, Lurah Margorejo Nasirwan Ali, Lurah Ganjar Asri Yudha Yunianto, Pengurus, Badan Pengawas dan Peserta RAT Koperasi BSW.
Dalam sambutannya, Kadis Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Metro Ridhwan, mengatakan berdasarkan perkembangan koperasi dari yang berjumlah 194 koperasi dan yang saat ini menjadi 203 koperasi maka dari itu diadakan pembinaan koperasi dan RAT memang seharusnya berjalan setiap tahunnya agar ke depan koperasi-koperasi yang ada khususnya koperasi BSW tersebut selalu berjalan aktif dan tidak vakum.
Pembangunan perkoperasian merupakan bagian integral dari pembangunan perekonomian nasional, dan koperasi diharapkan menjadi salah satu pilar ekonomi bangsa. Pemerintah telah memberikan perhatian khusus terhadap kemajuan dan perkembangan koperasi namun kenyataannya masih banyak koperasi yang perkembangannya terhambat.
Secara umum faktor penghambat perkembangan koperasi antara lain keterbatasan kemampuan pengurus, keterbatasan modal, usaha, dan rendahnya tingkat kepercayaan lembaga keuangan untuk mengucurkan pinjamanan kepada koperasi. Persoalan tersebut  juga terjadi pada koperasi Bumi Sai Wawai.
Sementara Wakil Walikota Metro Djohan mengajak asisten II, Kadis Koperasi UMKM Perindustrian, Ketua Koperasi BSW serta pengurus dan Badan Pengawas untuk terus membina koperasi, Kota Metro sebagai kota pendidikan bukan berarti kota yang mengunggulkan pendidikan formal di sekolah, tetapi juga sebagai kota tempat pembelajaran apapun bentuk belajarnya salah satunya belajar membangun koperasi yang baik yang mana pengurus, pengawas dan anggota dapat saling menghargai dan mengormati serta dapat bekerjasama untuk membangun  koperasi yang lebih baik. Disini pemerintah juga ikut membantu memfasilitasi untuk menggerakan koperasi
 “Saya minta kepada segenap anggota dan pengurus koperasi BSW agar dapat melaksanakan kegiatan RAT ini sebaik-baiknya, koperasi ini dibawah naungan pemerintah dan merupakan kebanggaan dari pemerintah maka dari itu saya juga berharap agar saling bekerjasama dan saling terbuka antara pengurus, pengawas dengan anggota dan juga sebaliknya, hal tersebut untuk mengembalikan kepercayaaan anggota untuk aktif dalam koperasi," pungkas Djohan. (r) 

Posting Komentar